Spirit TMMD, Agar Desa Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Warga


Batang – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) merawat gotong-royong, memacu kreativitas dan prakarsa masyarakat untuk membangun desa, demikian penegasan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dalam amanat tertulis yang dibacakan Bupati Batang, Wihaji saat Upacara Pembukaan TMMD Reguler Ke-103 di Lapangan Desa Cluwuk, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Senin (15/10).
Dikatakan juga, TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya dalam menumbuhkan semangat gotong royong membangun bangsa, karena disitulah inti dari kekuatan bangsa dalam menjaga persatuan pada kebhinnekaan. Berbagai pembangunan sarana  prasarana  perdesaan  dari  program  ini telah  dapat  dinikmati  oleh  warga. Begitupun upaya pemberdayaan telah berhasil memperkuat semangat masyarakat dalam menggali dan mengelola potensi desanya agar makin maju dan sejahtera, relevan dengan program pembangunan provinsi untuk meningkatkan kesejahteraan yang berkeadilan sosial.
Diketahui kemiskinan selalu turun, bahkan pada 2018 pemprov mencapai kinerja tertinggi dalam upaya penurunan angka dari 13,01 % tahun 2017 menjadi 11,32 % di 2018, walaupun belum terlalu signifikan. “Karena itu, TMMD kita dorong menjadi salah satu solusi mendukung penurunan kemiskinan di Jateng, melalui sinergitas dan selalu terintegrasi dengan program yang sedang dan akan dilakukan dengan dana desa maupun kegiatan pembangunan desa lainnya,” terangnya.
Lebih lanjut, TMMD terus konsisten pada program-program pemberdayaan ekonomi rumah tangga melalui pembinaan usaha ekonomi kerakyatan serta mendorong pemanfaatan tanah pekarangan untuk kemandirian pangan. Desa juga diharapkan mampu berimprovisasi memanfaatkan teknologi guna menciptakan aplikasi pelayanan yang mudah, murah dan cepat bagi warganya dalam surat menyurat/administrasi. pada semua kelompok masyarakat.
“Tentu jika dapat terealisasi di tingkat desa, maka pembangunan Indonesia dari pinggiran akan tercipta”. pungkas Gubernur. (Batangkab)

Bagikan

Jangan lewatkan

Spirit TMMD, Agar Desa Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Warga
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan untuk berkomentar disini