Tradisi Ziarah Kubur Jum'at Kliwon Di Durenombo

Ziarah adalah salah satu praktik sebagian besar umat beragama yang memiliki makna moral yang penting. Kadang-kadang ziarah dilakukan ke suatu tempat yang suci dan penting bagi keyakinan dan iman yang bersangkutan (Wikipedia)

Ziarah kubur adalah salah satu ibadah yang harus dilakukan dengan ikhlas dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah n supaya diterima oleh Allah. Oleh karena itu, seseorang yang ingin menjaga agamanya, hendaknya mempelajari agamanya termasuk dalam masalah ziarah kubur, karena sekarang ini banyak orang yang terjatuh dalam penyimpangan ketika melaksanakan ziarah kubur.
Tujuan Ziarah Kubur
Tujuan ziarah kubur ada dua hal.
  1. Orang yang berziarah mendapatkan manfaat dengan mengingat mati dan orang yang telah mati. Dia akan mengingat bahwa tempat kembalinya bisa surga atau neraka. Ini adalah tujuan utama ziarah kubur.
  2. Berbuat baik kepada orang yang telah meninggal dengan mendoakan dan memintakan ampun untuk mereka. Manfaat ini hanya didapat ketika berziarah ke kuburan muslim. (Ahkamul Jana’iz, hlm. 239)
 Di Desa Durenombo setiap kamis sore ba'da Ashar tempat pemakaman umum desa Durenombo ramai dengan orang-orang yang sengaja menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke makam sanak saudaranya dan sekaligus memberikan doa kepada yang telah meninggal.

Foto:
Suasana  Di Dalam TPU

Suasana Di Luar TPU
(Foto: Styawan)

Bagikan

Jangan lewatkan

Tradisi Ziarah Kubur Jum'at Kliwon Di Durenombo
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan untuk berkomentar disini