Khaul Massal dan Akhirussanah TPQ Azzahra Desa Durenombo

Durenombo - 6 Juli 2013, Haul dalam pembahasan ini diartikan dengan makna setahun. Jadi peringatan haul maksudnya ialah suatu peringatan yang diadakan setahun sekali bertepatan dengan wafatnya seseorang yang ditokohkan oleh masyarakat, baik tokoh perjuangan atau tokoh agama/ulama kenamaan.
Peringatan haul ini diadakan karena adanya tujuan yang penting yaitu mengenang jasa dan hasil perjuangan para tokoh terhadap tanah air, bangsa serta umat dan kemajuan agama Allah, Selain tujuan itu adalah tujuan utamanya untuk mendoakan arwah para kerabat yang telah mendahuluinya. seperti kutipan Pembicara (
KH. Ahmad Mujar):
Khaul massal seperti ini kalau ada yang tidak datang itu kebangetan disamping gratis kita juga bisa bersama-sama mendoakan arwah serta bisa menghemat biaya. kalau dirumah kaluar uang banyak yang datang cuma beberapa orang saja... 

Rangkaian Acara Khaul Massal dan Akhirussanah TPQ Azzahra
1. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu Legi, 6 Juli 2013. dengan judul KHAUL MASSAL DAN  AKHIRUSSANAH TPQ AZZAHRA. jadi ada dua agenda yang sekaligus dibuat dalam satu acara
2. Acara dimulai pukul 13.00 yaitu acara Khaul Massal yang dipimpin oleh H. Anwarudin dan Ust. Ridwan di TPU Durenombo
3. Setelah acara Khaul Massal selesai dilanjutkan dengan Pengajian Akhirussanah TPQ Az Zahra. acara dibuka dengan pementasan rebana Irmanu dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Ananda Dani Fikri dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan:
  • Sambutan 1 : Pembina TPQ Azzahra (Muhyidin) : Secara garis besar beliau berpesan bahwa awal puasa memang berbeda-beda namun kita mengikuti tergantung yang kita yakini dan percaya. dan untuk masalah khaul tersebut beliau menginginkan supaya acara seperti ini bisa terus berlanjut tiap tahunnya.
  • Sambutan 2 : Kepala Desa Durenombo (Abdul Halim) : Intinya sama dengan bapak Muhyidin beliau juga berpesan masalah puasa. selain masalah puasa beliau juga menyinggung masalah pemerintahan desa, yang bahwasanya beliau sudah berada di masa akhir jabatannya sehingga dalam kesempatan tersebut beliau juga sekalian berpamitan kepada semua warga Durenombo dan beliau berpesan supaya Durenombo warganya bisa aman, tentram, dan akur.
  • Yang terakhir adalah Ceramah dari pembicara (KH. Ahmad Mujar) : Dalam ceramah yang disampaikan oleh KH. Ahmad Mujar tersebut beliau banyak berbicara soal kehidupan dan tidak lupa juga beliau menyinggung soal khaul seperti kutipan diatas.
Acara Khaul Massal

Acara Akhirussanah TPQ Azzahra

Written
Foto
: Admin
: Admin (Phone)
Contact
Website
Email
Facebook
Twitter

Bagikan

Jangan lewatkan

Khaul Massal dan Akhirussanah TPQ Azzahra Desa Durenombo
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan untuk berkomentar disini