KPU Tetapkan Ganjar Sebagai Gubernur Jateng

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menetapkan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah dan Heru Sudjatmoko sebagai wakilnya. Penetapan tersebut merupakan hasil keputusan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilihan Gubernur Jawa Tengah pada Selasa, 4 Juni 2013 di kantor KPU Jawa Tengah, Jalan Veteran Semarang.

Berdasarkan penghitungan suara secara manual, pasangan yang diusung PDI Perjuangan tersebut memperoleh 6.962.417 suara atau 48,82 persen. Pasangan ini unggul di 29 kabupaten/kota. Ganjar hanya kalah di enam kabupaten, yakni Blora, Grobogan, Demak, Kendal, Batang, dan Cilacap.

Posisi kedua diperoleh calon inkumben Bibit Waluyo yang berpasangan dengan Sudijono Sastroatmodjo dengan perolehan 4.314.813 suara atau 30,26 persen. Bibit yang diusung Partai Demokrat, Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional hanya unggul di enam daerah, yakni Blora, Grobogan Demak, Kendal, Batang dan Cilacap.

Pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono hanya meraih 2.982.715 suara atau 20,92 persen. Pasangan yang diusung koalisi Partai Keadilan Sejahtera, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hanura, dan PKNU ini kalah di seluruh kabupaten/kota.

Dari pasangan kandidat, hanya pasangan Gandjar-Heru yang menghadiri rapat pleno. Ganjar mengatakan sebelum rapat pleno, dia sudah mendapat laporan perolehan hasil penghitungan manual dari seluruh kabupaten/kota. "Yang menggembirakan, beberapa daerah yang sebelumnya diperkirakan kalah malah menang," kata Ganjar. "Angka golput juga menurun".

Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah, Fajar Subkhi, mengatakan penghitungan suara secara manual di komisi kabupaten/kota berjalan lancar. "Tidak ada protes dan keberatan dari saksi," ujarnya.

Hasil final pemilihan gubernur selanjutnya diserahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah. Rencananya, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode lima tahun ke depan akan dilaksanakan 23 Agustus 2013.
FOTO


Sumber : Tempo.co
Written by : Sohirin
Contact
Web  : www. durenombo.blogspot.com
Email : [email protected], [email protected]
FB     : Durenombo
Twitter : @Durenombo

Bagikan

Jangan lewatkan

KPU Tetapkan Ganjar Sebagai Gubernur Jateng
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan untuk berkomentar disini