INFLASI, Apa Itu Inflasi

Setiap awal bulan, hampir seluruh media memberitakan perkembangan inflasi. Namun, tidak sedikit yang abai karena tak paham istilah dan angka-angka yang disampaikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). 

Ibu saya, misalnya, ia memilih ganti ke acara sinetron ketimbang menyimak berita inflasi di televisi. Drama fiksi di sinetron menurutnya lebih mudah dicerna dari pada harus mengerenyitkan dahi untuk memaknai istilah-istilah yang sebenarnya erat kaitannya dengan isi dapur. 

Nah, sebenarnya apa itu inflasi? 

Kepala BPS Suryamin menjelaskan, inflasi adalah suatu angka atau indikator untuk mengukur tingkat perkembangan harga kebutuhan masyarakat. 

"Jika inflasi naik, berarti harga kebutuhan mengalami peningkatan. Sedangkan bila harga kebutuhan mengalami penurunan, itu disebut deflas," jelasnya.

Apakah iya sesederhana itu memaknai inflasi? tidak juga. 

Menurut Suryamin, inflasi dihitung dari harga kebutuhan masyarakat, mulai dari kebutuhan pangan dan kebutuhan non pangan. Caranya dengan meninjau seluruh harga komponen kebutuhan masyarakat, yang jumlahnya mencapai 860 item. 

Contoh yang masih hangat adalah tingginya harga daging sapi belakangan ini, di tengah upaya pemerintah menekan harga dengan membuka keran impor.

Bagikan

Jangan lewatkan

INFLASI, Apa Itu Inflasi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
Anonymous
9 September 2016 at 14:43

update terus min artikelnya..good job
kunbal karangtengah.desa.id

Reply

Silahkan untuk berkomentar disini