Potensi Kerajinan Topi Petani (Caping Gunung)

Tumbuhan pohon bambu yang cukup banyak, memiliki potensi berkembangnya industri kerajinan anyaman bambu; baik untuk sofa, pagar, atap maupun caping gunung. Caping atau topi berbentuk kerucut yang terbuat dari bambu ini, ternyata masih banyak yang mengenakannya pada era globalisasi.
Peran caping gunung memang tidak bisa digantikan topi. Caping bambu ini jika dipakai memberikan kesan lebih dingin ketimbang topi yang terbuat dari bahan lain. Caping gunung lebih kuat menahan panasnya terik matahari. Hanya saja bentuknya tidak pernah berubah sejak zaman dulu. Mungkin sebagian besar wilayah kerajinan seperti ini dianggap sudah kuno dan ketinggalan jaman.
Di Durenombo sendiri bentuk caping gunung yang diproduksi warga desa masih sama dengan desain dasarnya, karena ini yang menjadi ciri khas dari caping gunung/topi petani tersebut. Desain masih lama namun untuk menambah daya tarik maka caping tersebut dibuat dalam berbagai warna. Dalam satu hari untuk pengrajin yang sudah mahir bisa membuat sampai 8 topi yang sudah siap dipasarkan. kerajinan tersebut diproduksi oleh para pengrajin dan menjadi salah satu aset potensi desa Durenombo yang nantinya akan di distribusikan ke daerah lain. Tidak tanggung-tanggung pendistribusian kerajinan tersebut hingga ke luar jawa khususnya daerah Bali.
Screenshot:
Kerajinan Caping Gunung

Bagikan

Jangan lewatkan

Potensi Kerajinan Topi Petani (Caping Gunung)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

5 komentar

Tulis komentar
avatar
13 July 2013 at 10:57

kliatan lebih bagus kalo di cat warna warni kayak gini.. mantap dah..

Reply
avatar
14 July 2013 at 01:03

iya gan, ini topi masih dalam bentuk dasarnya cuma guna lebih menjual dikasih warna, ,
Terima kasih kunjungannya! :)

Reply
avatar
28 May 2015 at 15:44

Salut, kerajinan asli masyarakat harus tetap berkembang dan jangan kalah sama topi buatan pabrik ... :)

Reply
avatar
13 June 2015 at 10:16

Kalo polosan ada juga ga om?

Reply
avatar
20 March 2016 at 20:00

Klo msh mentahan brpaan pak. Klo hrga cck aq ngambil d tmpt bpk mungkn 1pikup dulu ni nomer saya 082 132 225 575 bpk rojikin toko abrakan malang.

Reply

Silahkan untuk berkomentar disini