Jusuf Kalla (JK) Sambangi Markas PMI Batang

Batangkab - Dalam kunjungannya di Kabupaten Batang, Ketua Umum Palang Merah Indonesia DR. H. Mohammad Jusuf Kalla, Minggu sore (22/9/13), sekitar pukul 16.00 WIB menyambangi Markas PMI Kabupaten Batang. Dalam kunjungan ini, Jusuf Kalla didampingi Ketua PMI Jawa Tengah Sasongko Tejo, Wakil Bupati Batang H. Soetadi dan Pimpinan Ponpes Tazaka Ustad Anang Rizka Mashadi. Di hadapan ratusan sukarelawan PMI, Jusuf Kalla mengingatkan kepada segenap yang hadir di markas PMI akan tugas pokok PMI, yaitu bekerja mengabdi, beramal dalam bidang kemanusiaan, membantu sesama manusia yang terkena bencana. PMI juga bertugas untuk menyiapkan darah bagi masyarakat yang membutuhkannya. “Ini merupakan tugas mulia dan luar biasa,” ujar pria yang akrab disapa JK tersebut.

Kalau ada bencana banjir gempa, kekeringan dan kebakaran serta bencana lainya maka Palang Merah Indonesia siap membantu. “Jadi Anda berada di markas PMI hanya mencari pahala dari Allah, karena amal ibadah Anda yang akan membalas hanya Allah. Oleh karena itu kita yang diberikan kesempatan harus merasa bangga membantu sesama manusia ini dan harus dilakukan dengan sepuh hati dan ikhlas,” lanjutnya.

Untuk menjadi petugas PMI harus memiliki persiapan, perlengkapan  ketrampilan dan keahlian. Maka tugas pengurus markas PMI harus selalu memberikan pelatihan – pelatihan terhadap sukarelawan yang tergabung dalam PMI dalam tugas sosialnya,serta menyiapkan logistik.

JK juga mengajarkan kepada Relawan dan Pengurus PMI untuk berdoa.  “Ya Allah hindarilah kita dari bencana, tapi apabila Engkau tetap ingin menguji kami dengan mara bahaya, kamis siap untuk membantunya,” doanya.

Disampaikan juga bahwa PMI itu tidak punya kantor. Yang ada adalah markas. Oleh karena itu petugas PMI dan relawannya harus siap di segala suasana dan waktu untuk membantu masyarakat yang terkena bencana. Yang membedakan markas dengan kantor, jika kantor ada jam kerjanya, kalau markas harus siap setiap saat, karena bencanaa bisa datang tiba–tiba dan waktunya bisa malam bisa pagi, dan mengharuskan PMI untuk bergerak memberikan pertolongan. “Di Indonesia instansi yang memakai kata markas ada tiga yaitu TNI, POLISI dan PMI. Itulah yang membedakanya,” jelas JK.

Wakil Ketua PMI Cabang Batang Putut Husamadiman dan selaku Kabag Humas dan Protokol Setda Batang mengatakan,  kunjungan Jusuf Kalla ke markas PMI cabang Batang bertepatan dengan syukuran Hari Ulang Tahun PMI Cabang Batang yang ke 63. Selain acara yang dihadiri JK ini, PMI juga menggelar berbagai kegiatan pelatihan guna menunjang ketrampilan sukarelawan dalam misi sosial kemanusian dalam penanganan bencana.

Putut juga menyampaikan sebelum ke markas PMI Cabang Batang, JK mengunjungi Ponpes Modern Tazaka di Kecamatan Bandar dengan agenda peresmian toko Tazaka, mengisi Sarasehan Batang Bangkit di Rumah Sakit QIM dan Mengukuhkan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Batang di Masjid Agung Batang. “Agenda terakhir adalah mengunjungi tasyakuran Ulang Tahun PMI Cabang Batang. Selanjutnya Bapak Jusuf Kalla juga akan bermalam di Agrowisata Pagilaran Kecamatan Blado,” terang Putut.(mc-humas)


Sumber
: Batangkab.go.id
Contact
Website
Email
Facebook
Twitter

Bagikan

Jangan lewatkan

Jusuf Kalla (JK) Sambangi Markas PMI Batang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan untuk berkomentar disini