Tahun 2013 Musrenbang Bukan Seremonial

Foto Humas Batangkab
Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbangda) merupakan sarana untuk bermusyawarah guna merencanakan pembangunan dengan skala prioritas, yang dihadiri dari jajaran birokrasi dan tokoh masyarakat. Tapi yang sering terjadi hasil Musrenbang tidak sebagai acuan pembangunan, sehingga terkesan Musrenbang yang dilakukan selama ini hanya seremonial atau protokoler saja dalam pemerintahan.

“Akan tetapi di tahun 2013 ini hasil Murenbanglah yang nanti sebagi acuan pembangunan, dan bukan lagi dilakukan sebatas seremonial saja,” kata Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo pada acara Lesehan Kliwonan Bapak Bupati Mendengar (BBM-an) yang dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati, Kamis malam (10/1/2013). Acara ini dihadiri Wakil Bupati H. Soetadi, SH, MM, Kapolres Batang AKBP Widi Atmoko, SIK, Kepala SKPD dan masyarakat Batang.

Pada kesempatan tersebut, Bambang, warga Kecamatan Bawang menyatakan kekecewaannya kepada pemerintah, pasalnya telah berkali – kali mengusulkan penataan pasar lama Kecamatan Bawang dalam Musrenbang tingkat kecamatan. Walaupun selalu diusulkan tetapi belum ada tindakan dari pemerintah daerah. “Padahal lokasi pasar lama bisa menjadi transit dan sarana bermain dan hiburan terbuka bagi masyarakat Bawang,” tutur Bambang.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Yoyok Riyo Sudibyo menjelaskan, pasar lama Bawang merupakan bangunan peninggalan zaman Belanda yang seharusnya menjadi cagar budaya. Beberapa tahun lalu pasar lama merupakan jalur transit ke Dieng. Bahkan sering juga turis mancanegara mengunjungi pasar peninggalan Belanda tersebut. Bupati heran mengapa pasar tersebut dibongkar. Dari hasil Musrenbang tahun 2012, penataan pasar tersebut telah dianggarkan pada tahun 2013, namun akan dibangun sebagai alun–alun Kecamatan Bawang. Dan bukan hanya alun-alun Bawang saja yang dianggarkan, namun juga pembangunan alun – alun kecamatan Limpung, serta alun–alun Kota Batang yang akan dibangun dengan anggaran Rp. 2,5 M.

Sementara itu, Amir Hamsah, Ketua FPI Batang menanyakan seberapa besar keseriusan Pemkab. Batang dalam mendirikan universitas di Kabupaten Batang, karena dulu sudah ada rintisan rencana pembangunan, bahkan tanahpun sudah di siapkan, akan tetapi sampai sekarang belum terlaksana dan terkesan tidak ada kabarnya.

Dalam jawabannya, Bupati yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, Gigih Sayogo, SH, MH menjelaskan bahawa realisasi pembangunan universitas sudah pada tahap lobi ke Dirjen Dikti (Pendidikan Tinggi), dan akan diusahakan pembangunan universitas atau akademi bisa dibangun dalam 5 tahun ke depan. Pemerintah daerah akan menyediakan tanah untuk pembangunan tersebut. “Dan kami juga sudah merencanakan pembangunan SMK pertanian yang rencananya akan dibangun di Kecamatan Warungasem atau Blado dan Limpung,” terang Bupati.

Khairudin, warga Kecamatan Reban menanyakan kepada Kapolres Batang terkait dengan jalan Reban-Limpung yang banyak tebing dan belum dibangun besi penahan pinggir jalan untuk menghindari kecelakaan, serta banyaknya aksi pencurian yang sudah merambah di wilayah pedesaan, bukan di kota saja.

Kapolres Batang AKBP Widi Atmoko, SIK menjelaskan bahwa polisi memiliki tanggung jawab menjaga keamanan, akan tetapi jumlah polisi sangatlah terbatas sehingga tanpa dibantu oleh masyakarat keamanan tidak dapat terjaga. Oleh karena itu peran serta masyarakat sangatlah dibutuhkan dalam menjaga Kamtibmas, sehingga tercipta tindakan pencegahan dari masyarakat. “Dan kami juga akan mengaktifkan Siskamling dan merencanakan lomba siskamling tingkat kecamatan,” kata Kapolres.

Untuk besi penahan pinggir jalan, Polres dan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang sudah melakukan survey di jalur pantura. Ke depan akan melakukan survey di daerah yg lain di Kabupaten Batang, dan akan memberikan rambu atau besi pada titik – titik yang membahayakan.(mc-humas)

Bagikan

Jangan lewatkan

Tahun 2013 Musrenbang Bukan Seremonial
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan untuk berkomentar disini